Jumat, 11 Desember 2015

UAS Jurnalistik


Ketegangan Dunia Fantasi  !


Tommy Andika

Jakarta – 3 Desember 2015 Dunia fantasi atau biasa disingkat dufan menyediakan wahana-wahana yang memacu adrenaline . Wahana-wahana tsb bisa membuat kita merasakan ketegangan dan bisa membuat pengunjung berteriak histeris saat menaikinya . Wahana-wahana extreme ini juga dilengkapi dengan safety yang terjamin , jadi pengunjung tidak usah kawatir memikirkan keselamatan saat menaiki wahana-wahana yang membuat tenggorokan serak untuk berteriak ini .
Saya bersama rombongan berkunjung ke Dunia Fantasi dalam rangka menghilangkan penat di tengah kesibukan kuliah . Terik matahari yang begitu menusuk kulit , tidak menghilangkan niat untuk bersenang-senang di Dufan . Terdapat 8 kawasan yang ada di Dufan yakni ; kawasan Jakarta , Kalila , Indonesia , Eropa , Fantasi Hikayat , Fantasi Yunani ,  Amerika , Istana dan juga kawasan Asia . Permainan pertama yang saya lihat setelah masuk Dufan yaitu Turangga Rangga , sebuah komidi putar yang tujukan untuk para anak-anak bermain disana .





Namun , bukan permainan itu yang saya cari . Rombongan saya mencari permainan yang dapat meningkatkan adrenalin saya . Demi mempersingkat waktu , saya pun langsung bergegas untuk mencari wahana Kora-Kora . Kora-Kora adalah sebuah wahana yang berupa ‘ kapal ‘ , Kapal ini nantinya akan diayunkan ke kiri maupun ke kanan sampai dengan hampir 90° . Pengunjung akan merasakan ketegangan yang sangat tinggi , tak sedikit pula para pengunjung yang muntah setelah menaiki wahana ini .



Bagi pengunjung yang ingin menikmati wahana ini , kalian bisa menghampiri wahana ini di kawasan Asia . Wahana ini merupakan salah satu wahana terfavorit di Dufan meskipun wahana ini sudah tergolong wahana yang lama .
 Lalu , saya pun bergegas menuju wahana selanjutnya yang berada di kawasan Eropa . Jengggjenggg jengggg , wahana apakah itu ???
Yaaaaa !! Hysteria !!


Wahana ini masih tergolong baru di Dufan namun sudah memiliki peminat yang sangat banyak . Bagaimana tidak , kalian akan merasakan bagaimana rasanya di lempar ke atas langit dengan ketinggian sekitar 56 meter dengan kecepatan yang sangat tinggi !


“ Seru , kaget , deg-degan “ , ujar Alvin Aprilio salah satu pengunjung yang baru saja menaiki wahana Hysteria .
Wahana ini juga merupakan salah satu wahana terfavorit di Dufan , terlihat dari padatnya antrian yang ingin menaiki wahana ini . Bagi kalian yang mempunyai rasa penasaran yang tinggi dan tentunya mental yang kuat , kalian wajib untuk mencoba wahana ini !

Selanjutnya , saya mencari wahana yang tidak kalah serunya yaitu Halilintar . Wahana ini sudah ada sejak tahun 1985 . Kenapa disebut halilintar ? Karena ini adalah sebuah roller coaster yang melaju dengan kecepatan tinggi . Antrian untuk menaiki wahana ini tidak terlalu panjang , karena dalam 1 sesi ada sekitar 24 penumpang yang terangkut untuk menaiki wahana ini . Pengunjung akan merasakan bagaimana dibawa oleh sebuah roller coaster sampai dengan ketinggian 12 meter .





Saya pun berkesempatan mewawancarai salah satu pihak operator Halilintar yang bernama Anggi Fauzi . Anggi mengakui bahwa sering terjadi kesalahan teknis dalam wahana ini berupa sensor dan lock yang belum terkunci . Ia pun bercerita bahwa kalau lock belum terkunci , pada tanjakan pertama sistem sensor otomatis akan berhenti . Ditanya mengenai perawatannya pun , dia mengakui bahwa setiap hari selalu di maintenance dengan pihak mekanik setempat .




Melaju ke tempat selanjutnya , saya bergegas ke kawasan Indonesia . Di kawasan ini terdapat salah satu wahana yang konon katanya pernah terjadi kecelakaan tapi tetap saja wahana ini laris untuk di nikmati , sebut saja Tornado . Wahana buatan Italia yang sudah beroperasi tahun 2007 ini akan membawa kalian sampai dengan puncak ketinggian nya yaitu 17 meter .
Kalian akan merasakan bagaimana sensasinya diputar balikan di atas ketinggian 17 meter secara berkala tidak hanya sekali maupun dua kali . Untuk perawatan wahana ini pun selalu di cek keadaan mesin dan hidrolik nya secara berkala dari pagi , sore maupun malam .

Sayang bagi saya maupun para pengunjung lain yang ingin menikmati wahana ini , karena pada saat saya berkunjung kesini wahana tersebut sedang dalam proses perbaikan jadi untuk sementara waktu di tutup . Terlihat ada beberapa pengunjung yang terlihat kecewa setelah mendapati bahwa wahana ini sedang dalam proses maintenance .





Lalu , saya pun mencari wahana berbentuk seperti kincir raksasa yang terletak di kawasan Eropa.
Wahana ini berkapasitas 24 orang dan mempunyai ketinggian maksimum yakni 17 meter . Permainan ini akan memutarkan kalian dalam waktu sekitar 2 menit . Hmm , wahana apakah yah ini ??



Yahhhhh !!! Kicir-kicir namanya ! Ini bukanlah sebuah lagu khas Jakarta , namun ini adalah salah satu wahana yang ada di Dufan . Untuk menaiki wahana ini , saya sampai berkeliling hampir setengah area Dufan , ntah karena wahana ini kecil atau bagaimana tapi sangat susah untuk menemui wahana ini .

Tapi , jangan takut ! Kalian tidak akan rugi setelah menaiki wahana ini , kenapa ? Kalian akan merasakan sensasi yang sangat ‘ wow ‘ setelah menaiki wahana ini . Bayangkan saja , diputar dalam ketinggian tanpa henti dan tentunya sangat menegangkan .

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 18:00 WIB , dimana jam operasional dufan sudah ditutup . Seharusnya untuk penutupan lebih asik jika naik bianglala , dimana kalian dapat merasakan sensasi angin malam yang sepoi-sepoi dan kesunyian di ketinggian sana . Bagi yang mempunyai pasangan pun pasti sangat menginginkan moment tersebut .

Nah , bagi kalian yang ngaku bahwa kalian berani , punya nyali tinggi , silahkan mampir ke Dunia Fantasi dan kunjungi wahana tersebut ! Selamat mencoba !











16 komentar:

  1. Waawww karangan kamu menarik bangettt!!! bikin ngeri naik kicir-kicir tapi penasaraaaaannn seru tuh kyknyaa

    BalasHapus
  2. Demen bgt main yg bisa nguji adrenalin!!

    BalasHapus
  3. Wahh bisa jadi pilihan ni dufan

    BalasHapus
  4. tulisanya bernyawa, diperkuat dengan foto foto yang juga apik, good job :)

    BalasHapus
  5. nice bro tomy dlm pemilihan kata2/bahasa good job,lanjutkan blog ya bro tomy

    BalasHapus
  6. hmmm jd ini wahana2 yg memacu adrenalinn patut dicoba disaat holiday nanti

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Jadi kepengen ke dufan .. sayangnya masih UAS hehe
    Lanjutkan menulisnya, ke depannya perhatikan agar penulisannya sesuai EYD, misalnya 'di mana' bukan 'dimana'

    BalasHapus